Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19 Dibuka



PERS.MY.ID
- Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja kembali membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam program kartu prakerja. Sebanyak 800 ribu kuota peserta tersedia untuk pendaftaran gelombang 19 ini.

"Kuota 800 ribu. Jadwal penutupan gelombang akan kami umumkan dalam beberapa hari ini," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis, 26 Agustus 2021.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 19 ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya ada 800 peserta yang diterima di gelombang 18. Untuk semester II-2021 ini, pemerintah menargetkan sebanyak 2,8 juta peserta dengan alokasi anggaran mencapai Rp10 triliun.

Adapun pendaftaran program kartu prakerja hanya bisa dilakukan melalui situs resmi Program Kartu Prakerja adapun login prakerja www.prakerja.go.id. Bagi masyarakat yang sudah memiliki akun dan telah terverifikasi, maka meng-klik 'Gabung' pada gelombang yang sedang dibuka bagi yang belum memiliki akun silahkan daftar di dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Pendaftar Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Selain itu, mereka yang bisa menerima program kartu prakerja adalah yang tidak tercatat di DTKS Kemensos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD.