Teknik Budidaya Ikan Mas

PERS.MY.ID - Teknik budidaya ikan mas sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan Ikan mas sangat banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang tinggi.


Teknik Budidaya Ikan Mas

Ikan mas ini sudah kerap digunakan terutama sebagai bahan makanan yang menghasilkan banyak kreasi menu makanan.

Dengan melihat hal tersebut maka tidak ada salahnya kalau kita berkeinginan membudidayakan ikan mas untuk menambah penghasilan.

Teknik Budidaya Ikan Mas

Untuk memulai teknik budidaya ikan mas kita akan menentukan kolamnya terlebih dahulu

  1. Untuk pembuatan kolam memiliki kemiringan sekitar 3-5% agar mempermudah dalam pengairan kolam secara gravitasi.
  2. Jenis tanah yang digunakan adalah tanah liat/lempung, dan tidak berporos. Tanah liat dapat memiliki kemampuan untuk menahan massa air dan tidak bocor sehingga baik untuk dibuat dinding kolam.
  3. Ketinggian 150-1000 m dpl, dengan ketinggian tersebut ikan mas dapat tumbuh normal.
  4. Kolam yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan mas menggunakan system pengairan yang mengalir. Debit air kolam tenang 8-15 liter/detik
  5. Kualitas airnya harus besih
  6. Suhu air yang baik antara 20-25°C
  7. Keasaman air (ph) antara 7-8

Setelah mempersiapkan kolam barulah melakukan teknik budidaya ikan mas:

  • Pemeliharaan dan seleksi induk, induk jantan dan betina ditempatkan dikolam yang terpisah, diberikan makanan berupa pellet yang memiliki kandungan protein 25%. Ikan betina dapat dipijah setelah berumur 1,5 – 2 tahun memiliki bobot 2kg, sedangkan induk jantan berumur 8 bulan memiliki bobot 0.5kg.
  • Pemijahan, mencuci dan mengeringkan wadah pemijah seperti kolam, lalu diisi air setinggi 75-100cm. Memasang hapa dengan ukuran 4x3x1 meter dan dilengkapi pemberat. Memasang kakaban ditempat pemijah, memasukan induk jantan dan betina yang siap pijah ke dalam wadah pemijah.

3 hari setelah telur menetas dan larva tidak menempel dikakaban, mulai melakukan perawatan larva dengan memberi pakan kuning telur 5kali sehari selama 5hari hal tersebut dilakukan agar larva sudah tahan saat ditebar di kolam.

Teknik budidaya ikan mas ini sebenarnya cukup mudah namun kebanyak orang gagal disebabkan faktor kolamnya masih kurang nyaman. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam pembudidayaan ikan mas nantinya.

Posting Komentar