Apa itu Indeks Global Firepower?


PERS.MY.ID
- Global Firepower Index adalah peringkat kekuatan militer semua negara di planet ini. Itu bergantung pada 50 indeks untuk memperbaiki 'skor PowerIndex,' dari nomor senjata hingga keragaman senjata dan sumber daya alam, termasuk industri yang tersedia hingga tenaga kerja, stabilitas keuangan, kemampuan logistik, dan geografi.

Global Firepower Index 2022 menempatkan AS di posisi teratas, Rusia di posisi kedua, China di No 3, dan India di No 4.

Calon IAS juga dapat merujuk ke Indeks Global & Peringkat India yang sama untuk tahun 2022 di artikel tertaut.

Laporan dan Indeks seperti Global Firepower penting dari perspektif ujian UPSC . Kandidat harus melalui indeks kekuatan militer dan temuan utamanya yang dibahas dalam artikel lebih lanjut di bawah ini.

Laporan Firepower – 10 Negara Teratas

Berikut adalah daftar 10 negara teratas di Global Power Index 2022:


PosisiNegaraSkor
1Amerika Serikat0,0453
2Rusia0,0501
3Cina0,0511
4India0,0979
5Jepang0.1195
6Korea Selatan0.1261
7Perancis0,1283
8Britania Raya0.1382
9pakistan0,1572
10Brazil0.1695

Skor 0,000 Sempurna
Peringkat Global Power Index sebesar 0,000 adalah skor sempurna, yang sejauh ini belum pernah dicapai oleh negara mana pun. Semakin kecil nilai skornya, semakin kuat pula kemampuan bertarungnya, meski hanya di atas kertas. GPI tidak memperhitungkan kemampuan nuklir. Pemeringkatan ini murni dalam hal kemampuan konvensional.

Membuat Perubahan untuk Menyeimbangkan Variabel

GPI 2022 melihat Amerika Serikat mendominasi, dengan China dan Rusia bersaing ketat dan India mengejar ketinggalan. GPI 2022 meninjau militer dari 140 negara dan menggunakan formula internal untuk memeringkat mereka berdasarkan tumpukan 30 variabel, termasuk kekuatan militer, keuangan, dan logistik. Kontrol indeks untuk variabel seperti ukuran dan kemampuan militer.

Ini memungkinkan militer negara-negara kecil yang lebih berteknologi maju untuk bersaing dengan militer negara-negara besar yang lebih besar tetapi kurang berkembang dengan memberikan bonus dan hukuman khusus.

Bersaing dengan Pakistan
Militer India ditempatkan keempat di GPI dari 140 negara. Saingan India di anak benua, Pakistan, berada di peringkat 9, menembus 10 besar untuk pertama kalinya dari peringkat 13 tahun sebelumnya. India mempertahankan posisi No. 4-nya. Pakistan tergelincir ke 15 besar pada tahun 2021. Negara-negara lain di 10 besar termasuk kekuatan warisan seperti Inggris, Prancis, Jepang, dan Jerman. Faktor Pakistan dengan sekutunya Turki.

Dapatkan detail tentang Hubungan India-Pakistan di artikel tertaut.

'Naga' dan 'Gajah'
Saingan India di utara, China, telah merayap di Rusia dan India selama dekade terakhir. Ini sudah melampaui Amerika Serikat dalam ukuran ekonominya dan bertekad untuk menjadi No. 1 dalam kekuatan dan kemampuan militer.

Kesimpulan
Anggaran pertahanan masing-masing negara diperhitungkan dalam Global Firepower Index. Misalnya, anggaran pertahanan China tiga kali lipat anggaran pertahanan India. Nilai untuk GPI sebagian berasal dari CIA World Factbook. Semua nilai dalam dolar AS.

India memiliki banyak pesaing serius dalam GPI 2022. Kami juga memiliki beberapa masalah internal yang harus diatasi dan mendapat peringkat lebih tinggi dalam iterasi indeks di masa mendatang. Namun, dengan investasi yang konsisten dalam pertahanan, militer yang termotivasi, dan pendekatan yang ditargetkan untuk perbaikan, India pasti memiliki potensi untuk memimpin dalam GPI yang akan datang.

Calon dapat mengunjungi artikel tertaut dan mendapatkan detail tentang ujian pemerintah mendatang yang mencakup urusan terkini dan kesadaran umum sebagai topik penting dalam silabus.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Terkait dengan Global Firepower Index
Negara mana yang memiliki tentara terbesar di dunia menurut Global Firepower Index?
Sesuai dengan Global Firepower Index 2022, China memiliki angkatan bersenjata terbesar di dunia berdasarkan personel militer tugas aktif, dengan sekitar 2 juta tentara aktif. India, Amerika Serikat, Korea Utara, dan Rusia masing-masing melengkapi lima tentara terbesar, masing-masing dengan lebih dari satu juta personel militer aktif.
Negara mana yang tidak memiliki tentara?
Andorra tidak memiliki tentara tetap tetapi telah menandatangani perjanjian dengan Spanyol dan Prancis untuk perlindungannya. Pasukan sukarelawan kecilnya hanya berfungsi seremonial. Paramiliter GIPA (dilatih dalam kontra-terorisme dan manajemen sandera) adalah bagian dari kepolisian nasional.
Siapa yang menduduki puncak Global Firepower Index pada tahun 2021?
Global Firepower Index pada tahun 2021 diungguli oleh Amerika Serikat pada tahun 2021 dengan skor 0,0453. Itu kembali mempertahankan peringkatnya pada tahun 2022, dengan relatif tidak ada perubahan dalam skor.
Bagaimana Indeks Global Firepower mengukur Kekuatan Udara Bangsa-Bangsa?
Global Firepower melacak kekuatan total layanan udara untuk setiap kekuatan nasional yang dipertimbangkan untuk peringkat GFP tahunan. Jenis pesawat fixed-wing dan rotary-wing (helikopter) diperhitungkan dari semua cabang layanan (Angkatan Udara, Penerbangan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Marinir). Jenis pesawat yang dipertimbangkan termasuk pesawat tempur (multiperan, pencegat), pelatih (dasar, lanjutan), transportasi (sayap tetap dan helikopter), pengebom khusus dan penyerang darat, platform misi khusus, dll. Pesawat saat ini dalam pengembangan atau dalam pesanan menuju ke tahun mendatang TIDAK diperhitungkan.
Bagaimana Indeks Global Firepower mengukur Kekuatan Angkatan Laut Bangsa-Bangsa?
Global Firepower Index tahunan melacak permukaan angkatan laut dan elemen bawah laut untuk setiap kekuatan nasional yang dipertimbangkan untuk peringkat tahunan. Ini memperhitungkan semua jenis kapal perang termasuk kapal induk, kapal selam, kapal induk helikopter, korvet, fregat, tipe pantai, kapal serbu/pendukung amfibi, dan kapal bantu. Desain yang sedang dikembangkan atau sedang dipesan menuju tahun mendatang TIDAK diperhitungkan.

Posting Komentar